Selasa, 04 November 2014

Masa Depan Komunikasi Masyarakat Dunia



Nama                  : Remina Tarigan
Nim                      : 3122122006
Mata Kuliah   : Sosiologi Komunikasi

Masa Depan Komunikasi
Masyarakat Dunia
Komunikasi sering diartikan sebagai suatu proses penyampaian pesan ataupun informasi antara dua orang individu atau lebih baik secara langsung maupun tidak langsung. Sebagai makhluk sosial manusia membutuhkan adanya komunikasi untuk dapat menciptakan interaksi sosial dengan baik. Adapun komunikasi pada dasarnya bertujuan untuk memberikan informasi-informasi kepada individu tentang suatu hal sehingga individu tersebut memperoleh pengetahuan, komunikasi dapat menciptakan hubungan yang harmonis terhadap satu dengan yang lainnya, dengan adanya komunkikasi maka sesorag dapat dengan mudah  memberikan penilaian terhadap seorang akan yang lain.
Pada zaman sekarang ini perkembangan komunikasi dalam masyarakat sudah semakin maju dan semakin modern. Manusia dalam kehidupan bermasyarakat tidak harus bertatap muka secara langsung untuk menciptakan terjadinya proses komunikasi, akan tetapi manusia melakukan komunikasi sudah tanpa bertatap muka secara langsung lagi. Hal ini merupakan salah satu pengaruh yang ditimbulkan dari adanya globalisasi dan modernisasi dalam bidang teknologi yang sudah semakin canggih.
Perkembangan teknologi yang ditimbulkan oleh adanya globalisasi dan modernisasi membawa pengaruh yang luas dalam kehidupan bermasyarakat. Pengaruh globalisasi dan modernisasi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat dunia  tersebut memiliki dua aspek penting yakni aspek positif dan negatif. Adapun aspek positif dari perkembangan teknologi yang semakin maju akibat adanya globalisasi dan modernisasi adalah semakin mempermudah seseorang dalam memperoleh informasi dalam bidang komunikasi dan menambah pengetahuan individu tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi komunikasi sehingga individu tidak mengalami ketertinggalan dalam memperoleh suatu informasi.
Adapun contoh perkembangan teknologi yang semakin maju dalam memberikan informasi adalah dengan adanya handphone dan internet.  Handphone saat ini sudah semakin beragam dan semakin canggih. Dalam hal ini, dengan adanya handphone maka seseorang akan memperoleh kemudahan dalam memperoleh informasi tentang yang ingin dia ketahui. Misalnya untuk mengetahui kabar seseorang, tidak diperlukan lagi surat menyurat ataupun mendatangi individu tersebut untuk dapat melihat dan mengetahui langsung keadaan orang tersebut. Dalam hal ini dengan adanya handphone maka seseorang akan mudah mengetahui kedaan seseorang yang ingin dia ketahui kedaaannnya yakni cukup dengan menelpon individu tersebut.
Selain itu dalam bidang internet, pengaruh globalisasi dan modernisasi telah menunjukkan bahwa dengan adanya internet segala aktivitas kehidupan manusia dapat dilakukan dengan mudah. Misalnya bagi para siswa dan mahasiswa, dengan adanya internet telah membantu siswa dan mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugas mereka dan dengan adanya internet mereka juga dengan mudah memperoleh informasi seputar keadaan dunia global.
Saat ini orang-orang memanfaatkan internet untuk berkomunikasi secara tidak langsung dengan masyarakat, yakni melalui adanya jejaring sosial seperti facebook dan twitter yang diakses dari internet. Facebook dan twitter saat ini sudah menjadi trend dan kebutuhan bagi setiap individu. Setiap individu biasanya memanfaatkan facebook untuk saling berkenalan dengan orang-orang yang belum dia kenal di dunia maya. Meskipun facebook adalah dunia maya dimana orang-orang berkomunikasi ada yang belum saling mengenal satu sama lain namun kegiatan tersebut sudah termasuk kegiatan komunikasi. Karena ketika seseoarang mengajak berkenalan dan kita memberikan respon melalui memberikan komentar yang disertai gambar-gambar emotikin senyum, sedih maupun marah, maka hal tersebut sudah dapat dikatakan sebagai proses komunikasi.
Sedangkan dalam aspek negatif yang dimaksudkan adalah perkembangan teknologi informasi telah merusak sikap, perilaku maupun mental seorang individu. Misalnya individu memanfaatkan media informasi seperti internet untuk membuka situs-situs yang belum seharusnya dan tidak pantas untuk dibuka. Sehingga dalam hal ini akan berdampak negatif dalam diri individu. Karena ketika dia membuka situs-situs yang telah ia buka maka muncul rasa keingintahuan yang mendalam dalam diri individu tersebut sehingga pada akhirnya muncul keinginan untuk mencoba dan terus mencari tahu yang dia cari tersebut untuk memperoleh suatu kepuasan dalam dirinya. Selain itu  pada masa kini perubahan siknifikan yang disebabkan oleh game online akibat teknologi yang semakin maju terjadi pada anak-anak dan remaja karena terlalu banyak menghabiskan waktu di depan komputer mereka menjadi kurak produktif dalam melakukan sesuatu dan bermasalah pula pada kesehatan mata serta penyakit yang lainnya belum lagi kerusakan moral.
                Seiring dengan kemajuan teknologi yang mengglobal telah terpengaruh dalam segala aspek kehidupan baik di bidang ekonomi, politik, kebudayaan, seni dan bahkan di dunia pendidikan. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi informasi sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam akhir-akhir ini.
                Komunikasi masa depan dunia bila dilihat dari adanya kemajuan dalam bidang teknologi, menunjukkan bahwa masyarakat akan berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya akan semakin cepat dan praktis melalui handphone yang semakin canggih yang dapat melihat wujud  dan rupa satu dengan lainnya ketika proses komunikasi melalui telponan sedang berlangsung. Dan tidak hanya itu saja, dalam waktu terdekat mungkin komunikasi yang dilakukan oleh para mahasiswa dalam berinteraksi dengan dosennya sudah memanfaatkan jaringan internet sepeti media online.
                Seperti yang dilakukan oleh Universitas Terbuka yang ada di Indonesia sendiri, kita ketahui bahwa dalam Universitas Terbuka tersebut mahasiwa dan dosen juga ada yang sama sekali tidak pernah bertemu secara langsung dan sampai mahasiswa tersebut wisuda juga dia tidak mengenal dan belum pernah melihat dosennya sama sekali. Hal ini karena dalam Universitas Terbuka proses pembelajarannya dilakukan dengan cara online dan mandiri. Seorang dosen akan memberikan materi-materi dan memberikan gambaran jenis-jenis buku yang harus mahasiswa beli dan pelajari melalui cara online. Dalam hal ini terlihat bahwa antara dosen dan mahaiswa Universitas Terbuka yang ada Indonesia memanfaatkan media internet dengan cara online untuk saling berkomunikasi dan saling memberikan informasi seputar kegiatan-kegiatan yang menyangkut pelajaran.
                Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin modern ini diperkirakan bahwa bentuk komunikasi masa depan masyarakat dunia akan menjadi lebih modern dan sifat-sifat tradisional akan digeser. Seperti misalnya dalam waktu terdekat semua siswa dan mahasiswa akan belajar di ruang kelas dengan masing-masing membawa laptop dan tidak lagi membawa buku-buku pelarajan seperti yang biasa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari tetapi saat ini  proses pembelajaran tersebut dapat kita lihat seperti yang telah dilakukan negara-negara luar pada umumnya.
                Dalam hal ini disatu sisi akan memberatkan bagi mereka yang berada dalam kelas bahwa karena mereka tidak memiliki biaya yang cukup untuk membeli laptop yang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran. Sementara bagi mereka yang yang tergabung kelas atas, mereka menganggap membeli laptop tidak menjadi suatu hal yang sulit karena mereka memiliki modal yang cukup atau bahkan lebih untuk membeli laptop tersebut. Namun di sisi lain dengan adanya sistem pembelajaran yang hanya membawa dan menggunakan laptop tersebut telah menambah pengetahuan setiap individu dalam bidang komunikasi dan teknologi sehingga membuat individu tersebut tidak gaptek.
                Selain itu bentuk komunikasi masa depan dunia diperkirakan akan semakin memperkecil dan mengurangi interaksi antar anggota keluarga dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dengan adanya handphone tersebut antara orang tua dengan anak sudah berkurang proses interaksi dan proses sosialisasinya. Dalam hal ini orang tua hanya cukup menelpon sang anak untuk menanyakan kabar atau bahkan ketika berada di dalam rumah antara orang tua dengan anak saling sms-an dalam menyampaikan suatu informasi ataupun keinginan di dalam rumah tersebut. Sehingga dalam hal ini mereka dalam keluarga tersebut tidak lagi berkomunikasi dengan cara yang langsung berbicara antara yang satu dengan yang lainnya.
                Masa depan komunikasi masyarakat sepertinya dimasa yang akan datang lebih kepada penggunaan dan pemanfaatan teknologi-teknologi dalam setiap kehidupannya. Segala yang dibutuhkan dan dicari manusia akan lebih mudah dengan adanya teknologi. Manusia tidak perlu repot-repot berfikir dan menghabis-habiskan waktu dan tenaga ketika ingin berkomunikasi dengan sesorang, tetapi cukup dengan media-media yang dihasilkan oleh teknologi maka manusia sudah dapat melakukan proses komunikasi sepuasnya dengan cara yang tidak langsung tersebut.
                Untuk dapat mengikuti perkembangan zaman seperti yang dimaksudkan dan diharapkan dalam kegiatan komunikasi masa depan tersbut, maka salah satu cara untuk dapat memperoleh hal yang demikian adalah dengan cara pendidikan. Karena melalui pendiidkanlah kita diajari dan diperkenalkan tentang benda-benda maupun teknologi-teknologi yang ada dalam masyarakat yang dibawa oleh pengaruh modernisasi dan globalisasi tersebut.
                Dengan semakin majunya teknologi dan semakin banyaknya muncul teknologi-teknologi baru setidaknya akan menciptakan masyarakat yang konsumerisme. Masyarakat yang memiliki uang memiliki pola perilaku konsumtif karena mereka memiliki modal untuk dapat memiliki benda yang di  munculkan dari adanya modernisasi da globalisasi tersebut. Hal ini bila dikaitkan dengan teori karl max menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kepemilikan modal antara kaum borjuis yang tergabung dalam kelas atas dengan kaum proletar yang tergabung dalam kelas bawah.
                Sekarang ini hampir semua orang yang hidup dalam di dunia ini bahkan perusahaan-peruusahaan menggunakan internet sebagai media untuk menyampaikan pesan atau informasi dan memperoleh pesan atau informasi juga secara cepat.  Tetapi sungguh sangat disayangkan bahwa halnya masih banyak dari masyarakat yang hidup dipedalaman khususnya Indonesia tidak bisa merasakan kemajuan dari sebuah perkembangan teknologi seperti sekarang ini. Bahkan tidak jarang pula bahwa ada seseorang atau sebuah kelompok masyarakat yang sebenarnya dia hidup dalam perkotaan yang dengan mudah memporoleh akses internet atau teknologi lainnya tidak mau menggunakannya dan masih terus menggunakan media lama, tak jarang pula ada masyarakat yang memang menggunakan alat-alat teknologi canggih atau terbaru tetapi hanya menggunakan satu atau dua fungsi saja misalnya seorang individu membeli Smartphone terbaru dengan berbagai aplikasi yang menarik, tetapi dia hanya menggunakan smartphone tersebut hanya untuk mengirim atau menerima pesan dan telepon saja, sehingga aplikasi lain yang ada dia tidak gunakan.



Sumber Pustaka :
§  Dikuti dalam : http://komunikasi.us/index.php/mata-kuliah/dmnm/6969-masyarakat-masa-depan Diakses pada tanggal 19 Desember  pada pukul 00:53
§  Dikuti dalam : http://cafestudi061.wordpress.com/2008/09/17/masyarakat-masa-depan/ Diakses pada tanggal 19 Desember  pada pukul 00:56
§  Dukutip dalam : http://ranupatjeh1.blogspot.com/2013/05/makalah-perkembangan-teknologi-bagi.html Diakses pada tanggal 19 Desember  pada pukul 1:16


1 komentar:

  1. http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/indonesia-di-mata-pendiri-xiaomi.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/ri-kirim-kopassus-ke-afghanistan-untuk.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/korut-diduga-kembangkan-rudal-pembawa.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At vipkiukiu .net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM

    BalasHapus